Rahasia Daun Ketumbar untuk Kulit Wajah yang Sehat

 

Pernah terbayang ga sih, bahan masakan yang selama ini kita gunakan ternyata punya manfaat loh untuk kesehatan wajah. Cilantoro atau yang sering kita kenal sebagai daun ketumbar merupakan ramuan populer mediterania yang berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat, kulit kering dan komedo.

Daun yang memiliki aroma khas ini sebenarnya telah banyak digunakan untuk bahan campuran pembuatan produk perawatan kulit wajah. Namun informasi kandungan dan manfaat daun ketumbar ini masih jarang diketahui oleh masyarakat, sehingga penggunaannya untuk perawatan wajah secara herbal masih sangat sedikit. Padahal manfaatnya ga kalah loh dengan produk skincare atau bahan alami lain. Penasaran gimana cara kerjanya? Yuk kita simak ulasan berikut ini

Daun Ketumbar untuk Wajah Kering Berjerawat

manfaat-daun-ketumbar
Source : http://manfaat.co.id/

Penggunaan bahan alami seperti daun ketumbar ini tentu akan menjadi salah satu pilihan kamu yang memiliki jenis kulit kering untuk menjaga kesehatan wajah. Hal ini disebabkan adanya kandungan anti-oksidan dalam daun ketumbar yang mampu melembabkan kulit dan mengurangi bekas luka pada jerawat. Sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam daun ketumbar dapat membantu mengempeskan pembengkakan pada jerawat. Selain dua sifat di atas, daun ketumbar juga mengandung antibakteria yang mampu mencegah timbulnya jerawat yang disebabkan oleh bakteri.

Campuran pasta daun ketumbar dan bubuk kunyit dapat digunakan untuk masker wajah yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat dan kulit kering. Pembuatan masker wajah ini sangat mudah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus daun ketumbar, selanjutnya menggiling rebusan daun hingga menjadi pasta. Pasta yang telah jadi dicampur dengan bubuk kunyit dan bisa langsung di aplikasikan ke wajah. Setelah masker kering, bersihkan wajah dengan menggunakan kain basah.

Daun Ketumbar untuk Komedo dan Kulit Kusam

Radikal bebas merupakan salah satu masalah utama pada kulit wajah karena dapat menyebabkan kulit keriput, komedo, kering, kusam dan peradangan. Kandungan Vit C dalam daun ketumbar mampu membentuk lapisan pelindung dari radikal bebas. Selain itu, daun ketumbar mengandung senyawa Cineole yang merupakan salah satu dari 11 minyak esensial, dan asam linoleat yang mampu mengurangi peradangan kulit sekaligus menyegarkan kulit. Untuk hasil yang lebih efektif, kamu dapat mengaplikasikan campuran pasta daun ketumbar dengan sedikit jus lemon. Jus lemon telah banyak digunakan untuk perawatan wajah karna bermanfaat untuk mencerahkan, menghilangkan jerawat dan mengencangkan kulit.

Pembuatan masker daun ketumbar untuk masalah kulit wajah berkomedo dan kulit kusam tak kalah mudah. Pasta yang telah jadi dicampur dengan dua hingga empat tetes jus lemon. Gunakan masker secara rutin sekali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Selain dua jenis masker di atas, daun ketumbar juga dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan lain seperti putih telur untuk face scrub, madu, gel lidah buaya dan beberapa bahan lain, tergantung masalah kulit yang dialami serta hasil yang diinginkan. Terlepas dari penggunaan daun ketumbar, treatment lain juga dibutuhkan untuk mendukung tercapainya kulit wajah yang sehat.

Oh iya, sebelum mengaplikasikan tips di atas, sebaiknya kenali dulu jenis kulit wajah yang kamu miliki, apakah kering, lembab atau campuran. Karena, treatment yang salah akan memperparah kondisi kesehatan kulit wajahmu, pastinya gamau kan ini kejadian? So, be smart to treat your skin. Selamat mencoba 🙂

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s